Civitas akademika UNS Dapat Diskon Naik Kereta, Bagaimana Ketentuannya?

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara UNS dan PT. KAI. (foto: ist)
Solo. EDUKASIA.ID - Civitas akademika Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendapatkan fasilitas diskon tarif tiket kereta api jarak jauh dan menengah. Fasilitas ini sebagai salah satu jalinan kerjasama UNS dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI). 

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara UNS dan PT. KAI pada Jumat (11/3/2022), bertepatan dengan Dies Natalis ke-46 UNS. Kerja sama juga terjalin antara PT. KAI dan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan secara luring di Ruang Sidang II Gedung dr. Prakosa UNS dan daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings. Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho didampingi Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Dr.rer.nat. Sajidan hadir secara langsung dalam penandatanganan ini. Direktur Umum (Dirut) PT. KAI (persero), Didiek Hartyanto dan Ketua Umum IKA UNS, Ir. Budi Harto, M.M. juga turut hadir secara langsung.

Rektor UNS, Prof. Jamal menyambut baik kerja sama ini. Prof. Jamal mengatakan bahwa jalinan kerja sama semacam ini turut mewujudkan UNS untuk menjadi Menara Air bagi masyarakat sekitar.

“MoU ini salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) yaitu IKU ke-7. Jadi, diharapkan dengan adanya kerja sama ini kampus tidak hanya sekadar Menara Gading tapi harus bisa jadi Menara Air setidak-tidaknya untuk meningkatkan IKU 2 yakni program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terealisasi. Ini adalah langkah awal. Selanjutnya, saya berharap KAI bisa menerima magang mahasiswa dan juga para profesional yang ada di PT KAI bisa mengajar di UNS,” ujar Prof. Jamal.

Kerja sama yang berdurasi dua tahun ini terwujud dalam bentuk pemberian diskon tarif tiket kereta api jarak jauh dan menengah. 

Timbal balik kerja sama ini adalah tingkat penggunaan kereta api untuk keperluan dinas dan perjalanan di lingkungan UNS bisa meningkat. Selain itu, UNS juga turut mempromosikan penggunaan aplikasi KAI Access yang dirancang dan dikembangkan oleh PT. KAI.

Dirut PT. KAI, Didiek Hartyanto mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu wujud kontribusinya sebagai alumni UNS. Didiek berharap kerja sama ini dapat ditingkatkan ke kegiatan-kegiatan lainnya.

“Sebagai alumnus, saya ingin memberikan kontribusi untuk UNS. Seperti yang disampaikan Pak Rektor tadi, UNS punya prestasi yang membanggakan. Saya sebagai lulusannya bangga. Nah, untuk  itu bagaimana membangun kolaborasi. Ini yang pertama sivitas akademi UNS mau naik kereta api ada diskon. Pengembangan berikutnya ada kesinambungan antara UNS dan KAI. Jadi nanti ada pengayaan untuk mahasiswa sehingga ketika mereka lulus, mereka siap dengan sistem yang terkini,” ungkap Didiek.

Tidak hanya sivitas akademika, PT. KAI juga memberikan diskon tarif dengan besaran dan ketentuan yang sama untuk anggota IKA UNS. Hal ini sangat diapresiasi oleh Ketua IKA UNS, Ir. Budi Harto, M.M.

“Kerja sama ini akan memberikan fasilitas yang bagus untuk alumni. Perjalanan kereta akan lebih mudah, bermanfaat, dan lebih murah. Saya berharap kerja sama semacam ini dapat berkembang lagi,” tutur beliau.

Diskon tarif ini hanya berlaku untuk kereta api jarak jauh dan menengah. Diskon tidak berlaku untuk kereta api komuter, tarif khusus, dan tarif promosi. Pengecualian diskon tarif juga untuk kereta api wisata seperti kereta imperial, priority, dan luxury.

Sumber : Portal UNS
Editor : Abe Azzharowi
Pixy Newspaper 11

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top