Cegah Bullying, Tim KKN UIN Walisongo Sosialisasikan Stop Bullying di SDN 1 Asinan Semarang




Kabupaten Semarang. EDUKASIA.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 81 Posko 2 UIN Walisongo Semarang mengadakan sosialisasi "Stop Bullying" di SD N 1 Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang sebagai bentuk pencegahan tindak bullying di sekolah, Senin, (23/10/2023).

Koordinator mahasiswa KKN, Bayu Adhel Pradana, menjelaskan bahwa sosialisasi tesebut dilakukan sebagai upaya menumbuhkan kepekaan untuk mencegah fenomena bullying di lingkungan sekolah.

"Sosialisasi ini sebagai upaya menumbuhkan kepekaan anak dalam mencegah fenomena bullying," Jelas Bayu Adhel Pradana. 

Bayu menjelaskan, dalam pelaksanaannya sosialisasi bertema "Stop Bullying" ini menjelaskan tentang apa itu bullying, bentuk-bentuk bullying, serta dampak bullying bagi korban dan pelaku.

"Materi basic soal pengertian bullying, bentuk serta dampaknya bagi korban dan pelak juga dipaparkan. Selain itu, siswa juga diberikan informasi mengenai apa hal yang harus mereka lakukan ketika menerima atau melihat orang lain sedang mengalami bullying," tambahnya.

Dirinya menambahkan, bullying harus dicegah sejak dini dengan melibatkan pihak sekolah. Sekolah diharapkan dapat menciptakan ruang aman dan nyaman bagi setiap individu di dalamnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SD N 1 Asinan, Eka Dewi Ernawati menyambut positif kegiatan ini. Terlebih tema yang dibawakan sesuai dengan kebutuhan zaman dan dibutuhkan siswa sebagai edukasi.

“Terima kasih atas kegiatan sosialisasinya. Menarik sekali tema yang ditawarkan oleh teman-teman KKN yang dimana sangat sesuai dengan kebutuhan zaman sekarang," ujarnya.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman lebih kepada murid-murid terkait dampak buruk perbuatan bullying serta dapat mencegah kasus bullying di lingkungan sekolah.

Serial berita KKN UIN Walisongo kerjasama Edukasia.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) LP2M UIN Walisongo Semarang.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top