Lestarikan Kearifan Lokal, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikuti Kegiatan Merti Bumi



Tim KKN UIN Walisongo Reguler 81 Posko 6 Ikuti Kegiatan Merti Bumi Desa Polosari, Senin (9/10/23).


Kabupaten Semarang. EDUKASIA.ID – Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 81 posko 6 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang berpartisipasi dalam kegiatan merti bumi di Desa Polosari, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Senin (09/10/2023).

Sekretaris Desa Polosiri, Purbo mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur.

“Maksud dan tujuan kegiatan merti bumi adalah sebagai bentuk rasa syukur atas rahmat dan rizki yang diberikan Allah kepada masyarakat Desa Polosiri,” Ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, ada berbagai rangkaian yang dilakukan, mulai dari membersihkan saluran irigasi di persawahan, ziarah kubur, tirakatan, pembacaan yasin dan tahlil, serta pembersihan sungai dan musholla.

Koordinator Desa (Kordes), Aidil mengatakan jika para mahasiswa KKN turut membantu dalam pelaksanaan merti bumi tersebut.

“Mahasiswa KKN posko 6 turut berpartisipasi dalam membersihkan sungai, musholla, serta mempersiapkan makanan untuk menyambut merti bumi di kantor Desa Polosiri,” Ucap Aidil.

Puncaknya, ada berbagai kegiatan seperti doa bersama, pemberian sesaji di tempat yang dianggap sakral, ritual tayuban, serta diakhiri dengan acara wayang.

Turut hadir di acara puncak, Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Semarang, Indunmawarti menyampaikan harapannya agar budaya seperti ini tetap terlestarikan.


“Tetap lestari Indonesia, lestari nilai-nilai budaya kita yang luar biasa, dan mengandung syarat nilai-nilai moral, serta nilai filosofi yang luar biasa,” Ujar Indunmawarti.


----
Serial berita KKN UIN Walisongo kerjasama Edukasia.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) LP2M UIN Walisongo Semarang.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top