Cegah Anak Kecanduan Gadget, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Beri Pemahaman Lewat Sosialisasi


Dokumentasi Tim KKN UIN Walisongo memberikan sosialisasi agar anak tidak kecanduan gadget.


Kabupaten Semarang. EDUKASIA.ID - Sebagai upaya pencegahan kecanduan gadget, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 81 Posko 2 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan sosialisasi bahaya gadget di Sekolah Dasar (SD) 2 Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Selasa (7/11/2023).

Ketua Tim KKN, Bayu Adhel Pradana mengatakan bahwa sosialisasi tersebut berangkat atas maraknya anak-anak yang bermain gadget hingga lupa untuk beraktivitas dan beristirahat.

“Gadget merupakan barang elektronik kecil yang memiliki banyak manfaat. Namun, penggunaan gadget yang terus menerus akan dapat memberikan dampak buruk bagi penggunanya, terlebih untuk anak-anak,” ucap Adhel.

Pada pelaksanannya, pemateri terlebih dahulu memaparkan materi dengan kreasi lagu. Setelah itu, seluruh siswa diajak bermain tepuk konsentrasi yang tujuannya agar siswa tidak bosan mendengarkan materi saja.

“Sosialisasi yang dikonsep dengan lagu dan permainan tersebut bertujuan untuk mengembangkan interaksi siswa. Harapannya mereka sadar bahwa bermain dengan teman tak kalah menyenangkan dari main gadget,” tambah Adhel.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD N 2 Asinan, Sri Mar’ah Pujiastuti menyambut positif sosialisasi tersebut.

“Kami dengan senang hati menyambut kedatangan para mahasiswa KKN yang telah membantu kami dalam mengajar dan juga memberi tambahan ilmu diluar mata pelajaran kepada siswa di sekolah kami,” katanya.

Pihaknya berharap, sosialisasi ini dapat menjadi awal yang baik dalam mengurangi risiko kecanduan gadget pada siswa di SD N 2 Asinan.

---
Serial berita KKN UIN Walisongo kerjasama Edukasia.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) LP2M UIN Walisongo Semarang.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top